Thursday, October 03, 2002

Man...setiap kali ada HARPITNAS- Hari Kejepit Nasional - di Indonesia, dimana public holiday jatuh di hari Jumat, sekonyong-konyong seluruh penduduk Jakarta tumpah ruah di jalan, menyambut hari kebebasan nasional, meliburkan diri selama 3 hari. Semua orang gegap gempita datang ke kantor agak siangan, pulang pas teng jam makan siang, dan everybody seems in a rush like there's no tomorrow. Jalanan macet-cet dimana-mana, all day long, even when I got home at 9 pm, traffic jam still stick around in some places around Jabotabek. Padat TAK merayap! Dan gara-gara macet ini, siang tadi gue terpaksa jalan kaki dari IIP Ampera Raya to Jl. Sawo. Lumayan deh tuh ngencengin betis.

Macet udah mulai dari depan SMU Sumbangsih. Gue sebenernya udah curiga pasti ni ada apa-apa, soalnya jalur Ampera-Kemang jarang-jarang semacet itu, kecuali lagi ada pengadilan Rahardi Ramelan or ada kecelakaan. Itupun ngga pernah dua jalur macetnya.

Yang bikin senewen, gue ada janji wawancara sama Frans Seda satu jam lagi. Dan karena Mikrolet M-36 juga tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, so dari wartel gue inisiatif minta dijemput di IIP, karena dari arah Kemang to Ampera keliatannya ngga begitu macet (which is wrong!). Tapi berhubung mobil ngga ada yang stand by, so terpaksalah gue ngukur jalan sambil mencoba menikmati 'perjalanan'.

Dalam hati gue coba memprovokasi orang-orang yang tetep stay cool di dalam mobil atau kendaraan umum, untuk ikutan jalan kaki aja, daripada nungguin macet yang ngga keliatan ekor maupun kepalanya. Dan karena jalan kaki itulah, akhirnya gue tau kalo pusat masalah ada di pertigaan Jl. Sawo yang menuju Arteri itu. Tiga sections tumpang tindih karena volume kendaraan melebihi batas normal, ditambah orang-orang pada ngga sabaran semua. Iseng gue kontak 112, ceritanya mau laporan pandangan mata ke Metro 911 FM, ternyata ngga diangkat-angkat. Boh, katanya Emergency Assistance, ditelpon lama, gimana kalo gue melaporkan ada pembunuhan di samping gue?? :(

Dan ternyata cerita macet total tidak berhenti disitu. Sesampainya di kantor, langsung dong kelimpungan cari mobil. Udah dapet, langsung melesat ke Kebon Kacang dengan kecepatan cahaya. Ternyata ngga nolong, karena di Mampang kemacetan udah numpuk. So kita turn left ke arah Kemang motong ke Tendean, trus arah Sudirman lewat Sabang. Bener-bener bikin sakit kepala, karena semua arah macet total, even jalan tikusnya! So, ngga ada jalan lain selain mencoba menikmati keadaan yang ada, daripada ngomel-ngomelin orang yang pada ngga pake otak nyetirnya. Tapi gue perhatiin, jalan Sudirman setelah Semanggi justru malah lengang, ngga seperti arah sebaliknya yang menuju kantong-kantong pemukiman yang padat merayap.

Akhirnya ngaret satu jam dari janji semula, bikin gak enak ati. Tapi wawancaranya sukses, si bapak nggak ngomel karena gue dah telpon sebelumnya bilang bakalan telat, meskipun, ternyata pesan gue gak disampein sama operatornya! Fiiuhh...what a day...

Gue jadi mikir, apa segitu sibuk dan stressnya orang-orang Jakarta, sampai libur 3 hari jadi pada heboh gitu? Semua jadi kesetanan kayak waktu pada ngeborong kebutuhan pokok, Mei tahun 1998 lalu. Padahal cuma karena Jumat-Sabtu-Minggu libur? Hmm...mudah-mudahan bukan karena suara 'keprihatinan' gue yang ngga bisa ikut meliburkan diri...:)

Sabtu lusa we're going to Jogja man! Well, for work sih, tapi gue ngerasa itu liburan juga kok, setidaknya gue bisa belanja macem-macem dan melupakan kesumpekan Jakarta for 2 weeks! Which one is more tempting? ;)

So people, selamat mengimplementasikan HARPITNAS for yourself!

No comments: