Thursday, December 18, 2003

Heyhooo....still in Bandung now...banyak pengalaman seru dan menyenangkan disini, tapi cuma satu yang ada di kepala gue sekarang.

Lagi sebel sama pengunjung guestbook terbaru. Pengin ngga ngegubris, tapi kok jadi bete. Kalo mau kritik sih sok-sok aja, gak dilarang dan gak bakal sewot. Tapi kalo udah nge-judge, sori-sori aja. Mesti digebrak!

Puisi kamu belum bagus. Harus banyak berlatih

Look who's talking? Situ sastrawan yah? Bisa menilai karya orang bagus atau ngga? Terus kenapa?? Gue nulis puisi bukan buat dinilai bagus atau jelek, tapi buat dinikmati. Terus kalo jelek, so what? Itu kan ekspresi perasaan gue, ditulis di tempat gue sendiri. Mau jelek mau bagus, apa urusannya? Emangnya gue lagi ngikutin kompetisi lomba puisi? Kalo emang jelek, tinggal close window, apa susahnya?

Bahasa Inggris kamu juga perlu perbaikan. Jangan terlalu dibebani perasaan ingin pamer. Strukturnya jadi terlalu berat dan aneh

Excuse me??! Who the hell are you, berani-beraninya nge-judge dan ambil kesimpulan kalo gue DIBEBANI PENGEN PAMER bahasa inggris??? Situ kali yang pengin pamer kalo situ jago struktur bahasa inggris!! Dan situ kali yang sering terbebani pengin pamer kalo situ bisa nulis puisi bagus dan ngomong bahasa inggris, dengan cara ngejatuhin orang! Kalo mau kritik bahasa inggris gue ngaco, sok-sok aja, emang kenyataan kok! Tapi jangan sok-sok-an ngejudge orang kalo gue haus pujian gitu dong! Yeiy! Kalo emang berat dan aneh, ya emang gue baru bisa bikin struktur inggris yang berat dan aneh!! So what?? Emang gue bule, yang ngimpi aja ngomong pake bahasa inggris?? Bule-bule temen gue aja gak berisik baca tulisan inggris ngaco gue!

Ah, yang lain kok muji-muji melulu. Mana bisa maju?

Memangnya dengan kasih komentar nyelekit dan ngejudge orang seenak udel gitu, situ ngerasa udah maju? Come on! Situ bukan kasih kritik membangun, tapi cuma ngejudge hasil kerja orang. Semua orang juga bisa kalo cuma ngebacot. Situ emangnya udah bikin apa? Udah dapet pengakuan apa dari para pengagum? Tunjukin kalo memang situ hebat. Gue akan respect kok, kalo situ memang jagoan. Dan kalopun situ ternyata gak hebat-hebat amet, gue juga gak interest kok buat kasih komen model situ punya.

Nama asli aja gak berani dipublish, berani-beraninya kasih komentar. Belajar dulu lah cara mengkritik yang baik dan benar, sebelum kasih penilaian ke orang. Dan belajar aja dulu tentang perbedaan ngritik dan ngejudge! Nyakitin ati, tau?

No comments: