Friday, November 08, 2002

"Jualan, Ayo Jualan! "

Yippiiee...akhirnya jadi juga gue running business! Kesampean juga buka dagangan!

Awalnya waktu 2 mingguan lalu get nongkrong sama Na' dan Rani, dua dari sohib-2 gue, dan temen-temen yang lain, ngopi di daerah Ratu Plaza. Iseng-2 gue ngajak bisnis sama itu anak dua, bisnis yang bener-bener bisnis, apa aja yang penting halal. Pertimbangannya, kapan kayanya kalo cuma ngarep dari duit gaji yang sebulannya cuma abis buat bayar daily expenses, but no saving at all. Mesti mikir side jobs buat saving masa depan.

Eh ternyata, 'Na punya pemikiran yang sama. Dia memang sebelumnya udah ditawarin temennya untuk jualin barang-2 dagangannya, cuma karena dia sibuk banget sama kerjaan Building Construction bareng suaminya, dia ngga sanggup kalo mesti nyambi jualan lagi. So, gayung bersambut dong? Dan kebetulannya lagi, Rani yang baru aja resign dari kerjaan AE-nya di Media Indonesia, sekarang cuma nunggu training buat jadi guru di ILP, dan belum ada kerjaan tetap.

So, akhirnya kita sepakat untuk nyoba jualan kecil-2an, ngumpulin modal untuk nyoba dagang bulan depannya (nunggu gue gajian dulu! :)), dan netapin pasar mana aja yang mau kita masukin karena ada supply dan demand di beberapa tempat. Kita juga mau nyoba ikut bazaar, karena menjelang Natal/Lebaran ini, nafsu belanja orang lagi kalap-kalapnya, apa aja laku, apalagi untuk barang-2 konsumsi macam yang mau kita pasarin. So, kita manfaatin deh momen itu...hehe, otak dagang gak sih?

So, akhirnya, setelah modal kekumpul semua awal bulan ini, meski sempet semingguan ngga ada progress karena masing-2 sibuk, hari ini jadi juga anak-2 itu pada belanja di tempat temennya 'Na, untuk ngambil barang. Pagi ini (Sabtu) kita juga mau ke tempat temennya 'Na yang lain buat liat model Abaya rancangannya yang mau dititip jualin, sekalian hunting barang. Gue juga berencana ngehubungin beberapa supplier barang bagus waktu gue belanja di Jogja. Will be a busy day today! Big Day-nya, hari Selasa besok mau ikut Bazaar di Manggala selama 2 hari. Doain deh sold out...:)

Lumayan juga gerak cepatnya, dari cuma omong-2 an ringan sambil ngopi, bikin ide, konsepin rencana, kumpulin modal, trus hubungin supplier, barang ada, sekarang tinggal gong-nya, jualan! Rasanya excited banget! Bukan karena bayangan akan dapet duitnya, tapi lebih pada, akhirnya rencana-2 yang sering kita omongin, salah satunya menghasilkan satu action real! Itu yang bikin gue excited. Sering banget kita nongkrong, ngobrolin banyak ide dan rencana, tapi akhirnya menguap gitu aja sesampainya kita di rumah. Dipikirin sih, tapi action-nya itu yang ngga ada.

Semula di awal rencana ini, gue udah mikir, jangan-2 ini cuma ngomong bullshit lagi. Tapi karena gue liat prospek ke depan gede dan luas, jadi gue paksain share duit buat modal, biar ngga ada alasan buat mundur (dilatarbelakangi karakter gue yang cuma gede di omongan!). So akhirnya, gue yang paling susah memotivasi diri kecuali ada orang lain yang mulai duluan, jadi berubah yang paling cerewet ngingetin buat ngambil barang dan buruan jualan (karena hampir semua salary gue udah buat modal, so kudu muterin duitnya buru-2...Masa gue nodong bokap-nyokap buat jajan gara-gara gak punya duit? bulan muda gini? :))

Moga-moga deh berjalan sesuai rencana. Kalo ini berhasil, hmm...siapa tau bisa bikin butik suatu saat nanti...hehe...belum-2 udah ngayal! :) Tapi yang pasti, jangan anggap remeh ide-ide yang bersliweran di kepala. Kalo ada niat, pasti ada aja jalannya...*gleg* gue sok wise banget ngomongnya! :))

Sudah ah...selamat tidur teman-teman...selamat sahur jam 3 nanti...gue hari ini libur, kebetulan banget datengnya. Hmm...tau aja gue besok pagi mau jibaku hunting barang! ;)

No comments: