Tuesday, February 11, 2003

" For you my old man "


Aduh! Sumpe...ngga tau karena efek kerja di negeri orang, rasanya sehari itu jalannya cepet banget...perasaan udah lamaaa banget, ternyata baru tadi pagi kan gue posting blog terbaru...kayaknya kalo di Jakarta, waktu lamaaa...banget jalannya.

Lagi ada di TNL lagi...Baru selesai nyatroni rumahnya Pak Rusli di samping Asrama Haji Jl. Magelang, wawancara dari jam 1 sampai 3 pm! Gile! 2 jam bo! Bukannya tega nanya segitu lamanya sama si Opa. Maklum karena udah tua banget, 85 tahun, doi bisa kelupaan 3-4 kali ngulang-ngulang cerita yang sama. Jadi pertanyaan yang sebenernya cuma sedikit, malah jadi molor segitu lamanya. Itupun kalo ngga dipotong di tengah-tengah, bisa ndongeng terus. Ngga papa sih...seneng-seneng aja dengerin ceritanya Opa, tentang masa-masa dia melukis bareng Sudjojono, Hendra Gunawan, Affandi, yang akhirnya merintis dibukanya Fakultas Seni Rupa ISI Jogja. Beliau termasuk Maestro seni lukis Angkatan Pertama yang masih hidup.

Hari ini pertemuan ketiga kalinya gue dan beliau, setelah pada hari keberapa gue di Jogja sempet sowan ke tempatnya, dan pas kirim parcel buah itu. Trenyuh ngeliatnya. Dia udah uzuur...banget. Jalannya tertatih-tatih, karena dia bilang, otot syaraf kaki kirinya udah ngga mau nurutin perintah otaknya. Gue pertama ngira dia pernah kena stroke dan kesakitan. Mungkin memang ada yang ngga beres sama syaraf-nya, karena ujung jari kaki-kakinya menghitam, kayak ngga ada peredaran darah disitu. Sedikit bengkak juga, kayak...ngga tega ngomongnya...pokoknya ngga ngenakin ngeliatnya...kayak bukan kaki orang hidup...

Beliau sih keukeuh ngga mau dibantu jalan, tadi juga begitu...padahal gue geregetan banget pengin nolong, takut dia jatuh, karena dia jalan sambil merayapi meja, kursi, tembok, atau apapun yang dia pakai buat pegangan. Maksain kakinya yang ngga mau diperintah otaknya untuk jalan. It takes minutes meskipun cuma buat melangkah satu step aja. Duh, bener-bener trenyuh deh...apalagi kalo loe cuma bisa berdiri salah tingkah, mau nolong tapi dianya ngga mau, mau duduk aja kayaknya kok tega amet..."Ngga usah, ngga usah", begitu terus dia ngomong, tersenyum, tapi tetep keliatan kepayahan...dia bilang, biar sekalian ngelatih otot syaraf kakinya itu.

Tapi hari ini...setelah gue bisa 'masuk' ke dalam pembicaraannya, akhirnya berhasil juga 'maksa' dia supaya mau gue papah, sekedar dari tempat duduknya ke kamar mandi yang cuma sekitar 5m, dan 'maksa' dia buat terima gue ambilin minumnya, karena sejak pertama gue dateng, wawancara dua jam, dan dilanjutin ngedongeng meski batuk-batuk terus, dia tetep ngga mau tiap gue tawarin untuk minum...emang bandel deh si bapak...

Selalu ada perasaan ngga enak setiap gue wawancara orang-orang untuk tayangan Maestro. Umumnya mereka udah tua, sakit-sakitan, dan selalu bilang, mereka mengabdikan hidupnya untuk terus berkarya sambil pasrah menunggu dipanggil Tuhan. Selalu yang namanya Maestro, orang-orang hebat yang konsisten sama pekerjaannya, struggle, low profile, tapi sering terlupakan. Orang-orang hebat yang dipunyai negeri ini, yang begitu cinta dengan negeri ini, tapi diperlakukan tidak layak pula oleh negeri ini...Seminggu di Jogja, nemuin Pak Teuku Jacob (82) yang lagi sakit berat karena jatuh dan tulang pinggangnya retak, terus sekarang Pak Rusli. Kayaknya...semoga ngga oh Dear God, ini terakhir kali gue bisa ketemu mereka...karena ngga mungkin gue dateng ujug-ujug ke Jogja tanpa occasion tertentu seperti liputan ini.

Tapi hari ini, baru gue sadari saat ini, gue bahagia banget hari ini bisa ketemu Pak Rusli. Dengerin cerita-ceritanya yang ngga putus-putusnya, nuntun dia, bantuin dia minum, ketawa dengan cerita serunya yang dideketin banyak cewek waktu muda, denger idealisme dia sebagai seniman...Kalo aja ngga ada kerjaan, pengin banget rasanya gue tiap hari kesitu, nemenin hari-hari sepinya yang cuma diisi dengan duduk diam di kursi malasnya itu, sendirian, karena istri dan anak tunggalnya sehari-hari tinggal di Jakarta, untuk berobat.

*Sigh*...jadi inget bokap gue...terkadang mikir...kenapa gue bisa begitu affectionate terhadap orang lain yang butuh bantuan gue, tapi ke orang-orang terdekat gue, especially my Dad, malah begitu susah menunjukkan kalo gue sayang sama dia...begitu ignoringnya gue sama dia, hanya karena kita selalu against each other...hanya karena...gengsi...both of us...:(

ps: 2 malem ini ngimpiin bokap, tapi belum juga nelpon ke rumah setelah malam minggu kemarin...yea I miss you too Dad, though I still don't know how to say I love you...*sedih*

No comments: