Friday, March 21, 2003

" Hari Misuh Se-Dunia "


Prolog

Fiiuhh...what a day...W-H-A-T-A-D-A-Y...

Memang ngga enak yah berangkat pagi dan pulang sore barengan orang-orang kantor, anak-anak sekolah, dan ibu-ibu ke pasar...semrawutnya ngga ketulungan, semua orang semangat buat nyalip yang lain dan ngelindes yang ngga mau cepet jalannya. Belum lagi klakson dari seluruh penjuru mata angin, dan muka-muka stress ngitungin deretan mobil macet. Duh, Jakarta...pagi-pagi kok ya selalu dimulai dengan kekacauan gini! Makanya...duh! gue lebih bahagia sebenernya kalo kerja, berangkat siang-pulang malem, menyesuaikan jam produktif bodi...(excuse kalo sebenernya males bangun pagi!).

Hari ini nyampe kantor jam 9, ngaret sejam dari janji gue pada diri sendiri. Langsung disambut senyum cerah anak-anak karena tumben-tumbenan gue nyampe kantor masih bau udara pagi. Masih sepet sih mata, karena semalem pulang jam 22.30, benerin logo Hotel Wisanti-Jogja yang harus dimasukkin di credit title-nya episode Kusbini Minggu besok. Logo aslinya ngga ada, cuma fotokopiannya aja. Alhasil, dibantu arahan Front Office-nya, gue pake jurus mari mengarang buat ganti warna hitam hasil fotokopian dengan warna aslinya. Gak tau deh, apa warna dasar yang katanya biru keungu-unguan itu sesuai atau ngga. Lagian dicari di Internet juga ngga ada sih...

Sebenernya mah kerjaannya editor sih, cuma lagi kurang kerjaan aja, ditambah buat menebus dosa ke produser gue karena bahan-bahan dokumentasi Kusbini kelewat, ngga gue fotokopi waktu di Jogja dulu...padahal semuanya udah di tangan, udah dipinjem dari anaknya buat difotokopi, dan udah nyari fotokopiannya. Tapi yah emang lagi apes, bahan harus dibalikin hari itu juga, trus malemnya mesti liputan, ketambahan hari Minggu pula, dimana semua toko itu tutup! Pokoknya waktu lagi bener-2 ngga berpihak deh waktu itu! Jadi aja perasaan gue gak enak banget di sindir terus beberapa hari ini...:)

Ngga ada janji wawancara sih pagi ini, cuma emang mau stock shot patung-patungnya pak Edhy Sunarso yang ada di Jakarta, sebelum wawancara beneran abis shalat Jumat di tempat pak Sulebar, untuk minta komentar tentang pak Rusli, pelukis senior. Begini ceritanya...

Pertama

Start di Patung Dirgantara, yang mungkin lebih familiar kalo disebut Tugu yang ada di Pancoran itu...:) Ikut buntutin Kameraman cari angle bagus dari berbagai arah selama sekitar setengah jam. Sebenernya menurut pak Edhy, pembangunan fly over yang sekarang sedang berjalan, bisa jadi membahayakan kelangsungan hidup si Tugu, karena getaran waktu penancapan pasak bumi pastinya sangat kuat. Gimana kalo rubuh coba? Belum lagi kalo ada 'kesalahan' konstruksi yang sering terjadi di lapangan. Padahal konsep awal saat pembuatan tugu yang merupakan ide Bung Karno itu -dan dia kebetulan Arsitek juga- sudah direncanakan untuk tidak memberi beban terlalu berat di daerah sekitarnya. Dengan adanya pembangunan jalan yang melintasi tugu itu (dan dengan pembangunan jalan sekarang ini), tentunya untuk jangka panjang ke depan, terlalu riskan...

Kedua

Setelah selesai nyebrangin jalan untuk cari angle, perjalanan dari Pancoran berlanjut ke Tugu Selamat Datang di Bunderan HI. Mobil diparkir di Hotel President. Lumayan cenut-cenut juga dengkul gue yang ngga pernah kena stretching itu waktu turun tangga jembatan penyebrangan di depan Plaza Indonesia. Duh! Gimana kalo harus liputan ke gunung yah? Bisa-bisa sewa ojek gue!

Bete banget deh liat air mancur proyekannya Gubernur Jakarta yang ngabisin jatah uang rakyat sebesar 14 milyar itu. Mana ngaco dari konsep awalnya lagi! Saat dibangun, menurut pak Edhy, celah yang di tengah itu sengaja di buat, biar setiap mobil yang melintas di HI bisa melihat arus lalu lintas dari arah sebaliknya. Ini malah ditutupin air mancur yang tingginya ngga kira-kira. Trus, arah air yang dulunya ber 'sahabat' mengarah ke dalam kolam, sekarang di bikin mengarah ke luar, langsung mbasahin jalan raya, karena area yang semula bisa untuk jalan kaki dan duduk-duduk, udah ditinggiin dan dialirin air plus peringatan keras setiap meternya: "Dilarang Masuk! Awas Berbahaya! Tegangan Listrik dan Kedalaman Air 180cm!" Bener-bener pembangunan yang tidak manusiawi dan beradab!

Tiga

Selesai di HI, langsung menuju Monas, untuk nge-shoot Diorama (patung-patung dan benda-benda tiruan 3 dimensi yang diatur sedemikian rupa, menceritakan tentang peristiwa saat itu, biasanya untuk rekonstruksi sejarah ) yang ada di dalem. Sampe Monas bete lagi karena liat pagar-pagar hasil proyekan orang yang telah disebutkan di atas tadi, orang yang sama cueknya dan sebodo amet kayak bush itu. Kawasan Monas sekarang bebas dari kendaraan, warung dagangan, tukang asongan, dan orang pacaran. Yang ada cuma delman, mobil khusus WC umum, dan polisi-polisi yang lagi Siaga I nungguin Kedubes US kalo-kalo ada yang iseng ngelempar bom. Jadi, ada tambahan olahraga lagi tadi, karena jalan masuknya buset aja! (Gue gak hobi olahraga sih ya, jadi sori-sori aja kalo ngeluh terus!)

Liputan Diorama akhirnya ngga jadi, karena ternyata ada retribusi untuk nge-shoot di bagian dalem sebesar 650 ribu. Kalau nge-shoot bagian luar Monas, biayanya 250 ribu. Gleg! Retribusi sih retribusi, tapi kira-kira dong! Itupun ternyata "bisa aja sih Mbak 250 ribu kalo ngambilnya cuma sedikit", setelah gue ngecap agak lama, kalo ini buat program dokumenter, ngga diambil semua, cuma beberapa second untuk menerangkan bahwa ini termasuk karyanya Pak Edhy, sekalian promosiin Monas, bla-bla-bla. Tapi ternyata dianjurin untuk kirim surat permohonan ke Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI untuk minta persetujuan dulu (meski setelah ijin turun, tetep harus bayar 'retribusi' buat orang lapangannya!). Heran! Waktu di Lubang Buaya untuk nge-shoot Monumen Pancasila Sakti lancar-lancar aja! Malah retribusi untuk shooting kamera TV cuma 2000 perak! Tuh coba! Gimana gue ngga mutung??

Kalo boleh tanya, punya siapa sih sebenernya Monas itu? Bukannya saat awal dibikin itu memang diperuntukkan buat tamannya rakyat? Malah kalo ngga salah, taman itu udah dijadiin taman umum sejak Belanda masih asik-asiknya disini. Kalo penginnya biar bersih dan tertib, ya sistemnya dong benahin, bukan pagernya yang ditinggiin. Kenapa ngga sekalian aja minta dibikinin patung diri setengah badan di sekeliling taman buat naikin derajat kebanggaan anak-cucu-kroni-anak buah?

Empat

Pulang dari Monas, kita menuju Lapangan Banteng untuk nge-shoot Tugu Pembebasan Irian Barat. Nah, kalo ini boleh deh kalo mau ditertibkan dan diperindah. Lapangan yang terkenal sebagai pangkalan (sori) hombreng dan gigolo itu, bener-bener ngga terawat, jorok, kumuh. Di satu sisi taman, ada hiasan jemuran baju orang-orang yang bikin warung disitu. Dibawah tugu, yang harusnya bisa dimanfaatkan buat jadi kantor pengelola, malah jadi rumah anak-anak kalong berikut sampah-sampah hasil memulungnya. Di pintu masuk taman, mobil-mobil ringsek bekas tabrakan dibiarin gitu aja berjejer di tepi jalan. Pokoknya bener-bener ngga direkomendasikan buat tujuan pariwisata deh!

Selain itu, di sekeliling lapangan, banyak warung makan, bis-bis karyawan Departemen Agama yang mangkal disana, dan orang-orang yang sibuk ngebahas nomer berapa yang keluar semalem, termasuk ibu yang jual nasi rames tempat kita makan. Dia nulis itung-itungannya di atas kertas judi togel yang dia ambil dari lacinya. Padahal diujung taman deket jalan raya ada Pos Polisi, dan di seberangnya Istiqlal dan Katedral. Hmm...ada hubungannya ngga sih?? *angkat bahu*

Lima

Selesai stock shot, buru-buru cabut ke arah Tebet, janji wawancara jam 13.00. Jalanan di seputar Menteng ternyata masih macet aja, mungkin ada demo di HI. Tetapi emang Polisi banyak banget seliweran di tiap ruas jalan. Jagain apa sih Pak?...Mau-maunya...

Selanjutnya gue ngga denger apa-apa, ngga liat apa-apa, dan ngga peduli apa-apa...gue terlalu ngantuk buat ngelanjutin misuh-misuhnya...


----Cerita tentang hari ini BERSAMBUNG----

No comments: